Kesalahan Orangtua Terhadap Sekolah

Perkembangan anak sangat dipengaruhi oleh banyak hal. Salah satunya adalah sistem asuh orangtua dalam mendidik, membina dan merawat anak-anak mereka. Tentu, tanpa pembinaan yang baik, maka anak juga tumbuh dengan potensi yang tidak baik. Kehadiran orangtua sangatlah penting dalam menunjak pembentukan karakter anak-anak mereka. Pendidikan anak dalam keluarga merupakan proses sosialisasi yang paling mendasar berangkat dari pemahaman bahwa ada upaya mempersiapkan seorang anak untuk menjadi bagian dari masyarakat yang tentunya bersikap baik.

Sehingga peran keluarga sangat besar dalam membentuk kepribadian sang anak. Segala sesuatu yang berkaitan dalam proses pertumbuhan anak, baik dimulai dari lahir sampai dewasa hinga membentuk karakter sang anak. Ada banyak cara dari setiap orangtua dalam membina anaknya. Mulai dari merawatnya sendiri sampai menggunakan jasa penitipan anak. Seperti rumah bermain (biasa disebut dengan play grup), tempat pendidikan anak usia dini (PAUD) dan lembaga yang berusaha membantu orangtua yang disibukkan dengan kerjaan dengan menitipkan anak-anak mereka ditempat penitipan anak selama ia berkerja seharian atau sering disebut tempat penitipan anak (TPA), menjadi bagian bisnis yang menggiurkan melihat banyaknya para orangtua yang tidak punya cukup banyak waktu dalam mendidik anaknya. Kepercayaan yang tinggi terhadap kehadiran lemba-lembaga formal tersebut membuat para orangtua menganggap sekolah adalah hal terpenting dalam perkembangan anak mereka. Wajar jika banyak ditemukan orangtua yang selalu complaint atau protes dengan berbagai pelayanan sekolah. Misalnya anaknya tidak bisa membaca, menulis atau bahkan tidak dapat mengalami perubahan yang berarti. Padahal mereka lupa kalau sekolah adalah wadah yang berfungsi sebagai pendamping pendidikan anak-anak setelah orangtua. Orangtualah yang memiliki andil yang sangat besar dalam membentuk kepribadian anak-anak mereka.

Sekolah sebagai arena mewujudkan keteraturan sosial dimana lembaga pendidikan formal ini merupakan sebuah kesatuan sistem yang di dalamnya terdapat bagian-bagian yang dibedakan dengan memiliki fungsi dan peran masing-masing. Sebagai suatu sistem, fungsi dari masing-masing bagian mewujudkan tatanan menjadi seimbang. Bagian tersebut saling ketergantungan antara satu dengan yang lain dan fungsional, sehingga jika ada yang tidak berfungsi akan merusak keseimbangan sistem. Di sekolah ada guru, ada siswa, dan ada interaksi yang melibatkan antar keduanya. Apabila ada salah satu yang tidak berfungsi secara maskimal, maka kualitas pembelajaran tidak akan maksimal.

Demikian halnya dengan lingkunga bermain di rumah. Kehadiran orangtua sebagai pembina dan pengurus yang pertama dan utama juga menjadikan sumber belajar yang amat penting bagi anak-anak bangsa. Masing-masing komponen tersebut mempunyai peran dan ikut mempengaruhi prestasi anak di sekolah. Sekolah mempunyai peran yang signifikan dalam pembentukan masyarakat menjadi cerdas, berbudaya, memelihara keteraturan, serta mewujudkan pembangunan. Tanpa sekolah, masyarakat akan mengalami kesulitan dalam berkembang, tidak akan tumbuh menjadi dewasa dan cerdas, dan tidak akan bermanfaat serta tidak akan ikut berpartisipasi dalam pembangunan. Ditunjang dengan kehadiran orangtua yang selalu memantau anak-anak mereka di rumah dan sekolah dengan menjalin komunikasi yang baik dengan para guru untuk mengetahui perkembangan anaknya. Jika di rumah, orangtua memiliki andil dalam mengatur jadwal bermainnya, mengatur makanannya terutama belajarnya. Tidak menyerahkan sepenuhnya tanggung jawab kepada pihak sekolah dimana anak-anak mereka dimasukkan. Dengan demikian, semoga tulisan saya ini dapat bermanfaat untuk kalian semua. Terima kasih karena sudah membacanya. Kalian dapat mengakses berbagai informasi tentang pendidikan anak di anak.ependidikan.com dapat dilihat disini. Atau kalian dapat memesan buku saya yang akan terbit berjudul “MEMBEDAH PAUD DENGAN PISAU BUDAYA” melalui telephone saya di nomor 0852-5545-9865 atau via email saya di dwisurtijunida@gmail.com. Saya tunggu pesannya. Terima kasih, semoga bermanfaat. Wassalam.

Sumber Foto : dokumen pribadi foto kebersamaan para guru dan orangtua siswa di sekolah saat melakukan penelitian di TK Islam Qalbin Salim Kota Makassar

Perkembangan anak sangat dipengaruhi oleh banyak hal. Salah satunya adalah sistem asuh orangtua dalam mendidik, kehadiran guru dalam membina dan interaksi yang baik antar keduanya. Tentu, tanpa pembinaan yang baik dari keduanya maka anak juga tumbuh dengan potensi yang tidak baik. Berikut penyajiannya, selamat membaca